Memahami Kenari AF Lokal Super dan Lokal ( Bagian I )


Pada awal beternak kenari, saya merasa bingung dengan istilah yang di gunakan para penggemar kenari. Kalau kenari import itu sudah jelas maksudnya, tapi kalo AF, lokal dan lokal super? Seiring waktu berjalan saya dapat memahami apa yang di maksud oleh para penggemar kenari tersebut. "Owh..ternyata seperti itu". itu yang ada di hati saya.

Tahun 2010 saya menyilangkan beberapa indukan ayam kampung terseleksi, dan saya mencatatnya menggunakan istilah F1, F2, sampai pada final stock. Tidak semua anakan yang di hasilkan memiliki kualitas yang bagus, ada yang pertumbuhannya lambat, ada yang mempunyai karakter liar, ada yang mudah terserang penyakit, ada yang warna bulunya mengikuti indukannya, pejantannya ada juga yang memiliki warna bulu perpaduan.
Dari anakan tersebut, saya melakukan seleksi lagi untuk calon indukan berikutnya untuk mendapatkan hasil persilangan yang akan saya tempatkan pada kandang F2, dan seperti itu seterusnya sampai saya mendapatkan hasil yang memiliki perbedaan tidak terlalu banyak untuk kemudian saya jadikan Parent Stock atau indukan penghasil anakan yang memiliki tingkat keseragaman tinggi.

 Untuk dapat menciptakan Parent Stock yang berkualitas bukanlah hal yang mudah, karena hal ini membutuhkan waktu yang panjang, dimana kita harus selalu menyeleksi anakan yang berkualitas untuk di jadikan indukan berikutnya, kita juga harus selalu mengamati dengan cermat dan tentunya harus dengan penuh kesabaran. Seperti itu juga pada burung kenari.

Kalau menurut saya, istilah AF, Lokal Super dan Lokal pada kenari, kebanyakan mengacu pada tampilan fisik, besar dan kecilnya, panjang dan pendeknya. Dimana AF lebih besar dari lokal super, lokal super lebih besar dari lokal.
Kenapa saya berani mengatakan seperti ini, karena selama ini penilaian yang ada memang cenderung lebih melihat pada besar dan kecilnya burung kenari tanpa mengetahui asal usul nenek moyang kenari tersebut. Kecil ya pasti lokal. sedikit lebih besar ya lokal super, lumayan besar, ya AF.

Hla istilah AF, lokal super dan lokalnya berasal dari mana dong? (Bersambung)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment